,

PRESS RELEASE: MEDIA COMPANY VISIT

Pada hari Rabu, 18 September 2019 telah dilaksanakan kegiatan Media Company Visit yang diadakan oleh Studi Profesionalisme Akuntan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (SPA FEB UI) di kantor Tirto.ID. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh fungsionaris Biro Media dan Visual Komunikasi beserta lima fungsionaris Divisi Kajian dan 1 fungsionaris Human Resource Bureau SPA FEB UI.

Tema yang diangkat pada Media Company Visit kali ini ialah “Building Reader Interest with Attractive Content Visualization” dengan tujuan untuk menambah wawasan para peserta mengenai bagaimana cara membangun sebuah konten dan desain agar menjadi lebih menarik sehingga dapat meningkatkan minat para pembaca.

Acara dibuka dengan perkenalan dari pihak Tirto.ID. Pemateri Media Company Visit kali ini adalah Ibu Nurul Qomariyah Pramistiti selaku pemateri utama dan didampingi oleh Bapak Ernest selaku pemateri di bidang desain. Diskusi diawali dengan penjelasan Ibu Nurul mengenai bagaimana proses Tirto.ID dalam menghasilkan infografis. Mulai dari rapat, penulisan berita, visualisasi konten atau berita, hingga akhirnya menunggu pesertujuan dari bagian redaksi, dan akhirnya dipublikasikan pada media sosial, hingga tips untuk membuat desain menjadi menarik.

Menurut Ibu Nurul, terdapat banyak cara dalam membuat sebuah desain dan konten menjadi menarik, seperti yang telah diterapkan oleh Titro.ID yaitu menerapkan penulisan judul yang berbeda antara infografik dan artikel aslinya sendiri. Tujuannya ialah agar membuat judul infografik lebih menarik minat para pembaca, dan pada infografik dituliskan sumbernya yaitu judul artikel yang menjadi bahan infografik. Selain itu, mengurangi jumlah tulisan dan lebih memvisualisasikan konten atau berita juga dapat lebih menarik minat para pembaca.

Dalam penentuan warna, menurut pemaparan yang diberikan oleh Ibu Nurul dan dibantu oleh Bapak Ernest, pihak Tirto.ID melihat tren warna yang sedang musim untuk saat ini agar membuat desain tersebut menjadi menarik. Selain itu, dalam menumbuhkan ide warna, mereka juga sering menggunakan tools-tools yang ada agar mendapatkan perpaduan warna yang menarik. Bapak Ernest yang berasal dari divisi media juga memberikan saran agar mencari referensi desain dari media-media lain dan mencoba untuk mencari identitas dari sebuah desain itu agar dapat diingat oleh pembaca.

Lingkungan kerja yang fleksibel membuat fungsionaris Tirto.ID menjadi lebih mudah  dalam menemukan dan mengembangkan ide-ide menarik ketika menghasilkan suatu berita atau konten, biasanya dengan berkumpul di belakang gedung kantor dan melakukan diskusi bersama. Pada diskusi tersebut, ide-ide cemerlang mengenai kondisi dan keadaan terkini bermunculan sedikit demi sedikit yang kemudian dikumpulkan dan selanjutnya dapat didiskusikan oleh para karyawan Tirto.ID. Selain itu, dengan update mengenai desain yang sedang populer saat ini, memperhatikan referensi media online lain, serta mencari apa yang masih harus dibahas dan apa yang masih bisa diangkat dari suatu permasalahan juga dilakukan dalam proses pembuatan suatu konten atau berita sehingga dapat meningkatkan minat para pembaca.

Dari diskusi yang telah berlangsung, dapat disimpulkan bahwa visualisasi data dan penulisan judul yang menarik memiliki peran yang penting dalam pembuatan sebuah infografis. Diskusi berlangsung dengan hangat dan interaktif, tercermin dengan antusiasme para peserta dalam mendiskusikan topik Media Company Visit ini bersama pemateri. Setelah 90 menit diskusi berlangsung, diakhiri dengan pemberian penghargaan kepada pemateri dan dilanjutkan dengan foto bersama. Kami berharap para peserta mendapat wawasan baru mengenai bagaimana cara membangun sebuah konten dan desain agar menjadi lebih menarik sehingga dapat meningkatkan minat para pembaca. Sampai jumpa pada Media Company Visit selanjutnya!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *