,

PRESS RELEASE: Accounting Grand Discussion 2018

Pada hari Kamis, 4 Oktober 2018 telah dilaksanakan acara tahunan dari divisi kajian Akuntansi Studi Profesionalisme Akuntan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (SPA FEB UI), yaitu Accounting Grand Discussion 2018. Acara ini ditujukan bagi kalangan umum, mulai dari mahasiswa FEB UI, mahasiswa universitas lain, hingga kalangan profesi. Tahun ini, Accounting Grand Discussion membahas ‘The Importance of Blockchain for the Future of Accounting’, yang bertujuan untuk mengangkat implementasi dari teknologi yang mempengaruhi seluruh aspek dalam hidup kita, termasuk profesi seorang Akuntan di era digital ini. Pengaruh tersebut dapat berdampak besar bagi karir dan proses pembukuan seorang Akuntan nantinya sehingga penting bagi mahasiswa Akuntansi untuk memahami sejak dini apa yang akan mereka hadapi nantinya.

Acara dimulai dengan sambutan dari Ibu Ancella Hermawan selaku Kepala Departemen Akuntansi FEB UI, dilanjutkan dengan sambutan dari Rezky Akbar selaku Chief Executive SPA FEB UI. Acara dimulai setelah sambutan dari Vice Project Manager Accounting Grand Discussion, Putu Metta Buddhiyastini.

Pembicara utama Accounting Grand Discussion tahun ini adalah Ibu Pandu Sastrowardoyo, Co-Founder dan salah satu dari Board of Directors Blockchain Zoo. Beliau sudah berpengalaman menjadi pembicara dan trainer dalam berbagai acara yang bertemakan blockchain serta telah banyak berkontribusi dalam perkembangan teknologi blockchain di Indonesia. Ibu Pandu berharap ia dapat menyejahterakan dan memajukan Indonesia lewat teknologi, khususnya teknologi blockchain.

Ibu Pandu memberikan pengenalan singkat mengenai cryptocurrency, sistem blockchain, dan bagaimana sistem tersebut bekerja, khususnya di sektor ekonomi dan akuntansi. Blockchain sendiri adalah buku besar digital untuk transaksi ekonomi yang dapat diprogram untuk merekam seluruh transaksi, tidak hanya finansial tetapi hampir segala sesuatu yang memiliki nilai. Di masa yang akan datang, teknologi ini akan banyak digunakan khususnya di bidang akuntansi agar membantu kinerja Akuntan untuk memberikan menfaat dalam menganalisis dan memprediksi tindakan apa yang harus dilakukan.
Acara berlangsung dengan seru, terlihat dari antusias peserta dalam menyimak penjelasan dari Ibu Pandu. Terjadi pula diskusi antar peserta dan pembicara dengan banyaknya peserta yang aktif mengekspresikan rasa keingintahuan mereka. Ibu Pandu juga dapat membawakan acara secara interaktif. Setelah 90 menit mendengarkan Ibu Pandu, Accounting Grand Discussion 2018 diakhiri dengan pemberian penghargaan kepada Ibu Pandu Sastrowardoyo.

Kami berharap para peserta mendapatkan ilmu baru dan tertarik dengan teknologi blockchain. Sampai bertemu pada Accounting Grand Discussion selanjutnya!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *