,

PRESS RELEASE: Campus Visit SPA FEB UI 2018 ke UMAC, Malaysia

Pada hari Sabtu, 6 Oktober 2018 lalu, telah berlangsung Campus Visit SPA FEB UI 2018. Acara ini merupakan program kerja terbesar dari External Affair Bureau yang ditujukan untuk internal SPA FEB UI 2018 dengan Nadila Filza Rahmalina (Akuntansi 2017) dan Jezia Armynta (Akuntansi 2016) selaku penanggung jawab acara. Kami mengunjungi salah satu universitas ternama di Malaysia, yaitu University of Malaya (UM). Rangkaian acara terdiri atas presentasi dari kedua belah pihak, sharing session, games, serta campus tour. Campus Visit ini bertujuan untuk memperluas wawasan, membangun, serta mengembangkan koneksi maupun relasi tingkat internasional antara SPA FEB UI dan Accounting Club dari UM.

University of Malaya merupakan salah satu universitas negeri di Malaysia yang terletak di Kuala Lumpur. Seiring berjalannya waktu, pada tahun 1959, University of Malaya mengalami pertumbuhan dan perkembangan sehingga terjadi pembentukan dua divisi otonom, yang terletak di Singapura dan yang lainnya di Kuala Lumpur. Berdasarkan QS World University Ranking 2018, University of Malaya termasuk dalam 120 besar dunia. Faculty of Business and Accountancy (FBA) University of Malaya merupakan pusat pendidikan bisnis dan penelitian yang unggul di kawasan Asia Tenggara dan pula fakultas yang kami kunjungi ini menawarkan tiga jenis gelar untuk undergraduate yaitu Bachelor of Business Administration (BBA), Bachelor of Accounting (BAcc), dan Bachelor of Finance (BoF).

Acara campus visit ini dimulai pada pukul 9.00 (GMT +8) yang diawali dengan pemberian sambutan oleh Margareth Wang, selaku Head of University of Malaya Accounting Club (UMAC) dan Dr. Shahrin Saaid Shaharuddin selaku Professor Department of Finance and Banking University of Malaya. Kemudian, diikuti dengan pemberian sambutan dari pihak Universitas Indonesia oleh Rezky Akbar selaku Chief Executive SPA FEB UI.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian presentasi oleh Dr. Shahrin Saaid Shaharuddin mengenai departemen-departemen yang ada pada Faculty of Business and Accountancy University of Malaya dan fasilitas yang disediakan oleh fakultas kepada mahasiswa. Margareth Wang juga memberikan presentasi mengenai University of Malaya Accounting Club (UMAC) secara keseluruhan mulai dari visi misi organisasi, struktur organisasi, sampai berbagai program kerja yang mereka miliki. Setelah itu, pihak SPA FEB UI menyampaikan presentasi mengenai organisasinya secara menyeluruh. Dengan adanya penyampaian presentasi dari kedua belah pihak, kami dapat saling bertukar informasi terkait variasi program kerja yang kami miliki maupun tidak kami miliki (beneficial for one another). Hal inilah yang merupakan tujuan dari pelaksanaan Campus Visit 2018.

Penyampaian presentasi ini diselingi dengan adanya sharing session dengan banyaknya lontaran pertanyaan dari masing-masing pihak, baik SPA FEB UI maupun UMAC. Rangkaian sharing session ini diikuti oleh seluruh peserta campus visit dengan tertib dan seksama sehingga sharing session terlaksana secara kondusif. Dengan adanya sharing session, kedua pihak dapat mengetahui lebih dalam mengenai program kerja yang masing-masing dari kami kerjakan. Selain sharing session, pihak UMAC juga menyediakan dan memimpin pelaksanaan games yang terdiri atas 2 jenis games. Kedua jenis permainan diikuti oleh pihak SPA FEB UI dengan penuh antusiasme dan ambisi serta canda tawa yang tiada habisnya.

Acara diakhiri dengan pemberian plakat oleh pihak SPA FEB UI kepada pihak UMAC, serta pemberian kenang-kenangan oleh pihak UMAC kepada SPA FEB UI. Pihak SPA FEB UI juga diajak untuk melakukan campus tour sekitar University of Malaya dengan berjalan kaki. Pihak UMAC memberikan penjelasan di setiap tempat yang kami kunjungi. Serangkaian acara Campus Visit 2018 ini ditutup dengan foto bersama di depan lambang utama University of Malaya.

Terima kasih University of Malaya Accounting Club (UMAC) yang telah menyambut kami dengan hangat, memberikan presentasi dan ikut serta dalam sharing session, serta memandu campus tour selama kunjungan kami!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *