Pada hari Rabu, 2 Desember 2020 telah dilaksanakan salah satu program kerja tahunan Divisi Accounting Study Studi Profesionalisme Akuntan FEB UI, yaitu Accounting Group Discussion. Acara tersebut terdiri dari dua sesi, yaitu sesi pemaparan materi oleh fasilitator dan sesi diskusi materi. Acara ini dihadiri oleh 20 mahasiswa jurusan Akuntansi FEB UI, dimulai dari mahasiswa angkatan 2017 hingga 2020.

Accounting Group Discussion tahun ini dilaksanakan secara daring melalui platform Zoom dan mengangkat tema “Peran Standar Akuntansi dalam Meningkatkan Usaha Kecil Menengah di Indonesia”. Tema tersebut membahas mengenai bagaimana peran standar akuntansi, terutama SAK EMKM, dalam meningkatkan kualitas usaha kecil menengah yang ada di Indonesia. Melalui Accounting Group Discussion kali ini, diharapkan partisipan dapat memahami implementasi penerapan SAK EMKM serta mengetahui manfaat dari penggunaan Standar Akuntansi dalam usaha kecil menengah.

Foto 1: Sesi pemaparan materi oleh Ibu Wiwied Widyastuti., S.E., M.Ak., CA. dari Ikatan Akuntan Indonesia.

Group Discussion yang dilaksanakan oleh Accounting Study Division SPA FEB UI ini berhasil menghadirkan 2 fasilitator dari Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI), yaitu Ibu Wiwied Widyastuti, SE., M.Ak., CA. dan Ibu Ari Susanti. Sesi pertama diawali dengan pemaparan materi oleh Ibu Wiwied selaku anggota dari divisi teknis IAI, mengenai latar belakang pembuatan Standar Akuntansi Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah (SAK EMKM). Kemudian, Ibu Wiwied juga menjelaskan mengenai komponen-komponen pada laporan keuangan untuk usaha kecil menengah berdasarkan SAK EMKM serta perbedaan antara Standar Akuntansi Keuangan Umum (SAK Umum); Standar Akuntansi Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP); dan Standar Akuntansi Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah (SAK EMKM).

Foto 2: Sesi pemaparan materi oleh Ibu Wiwied Widyastuti., S.E., M.Ak., CA. dari Ikatan Akuntan Indonesia.

Sesi berikutnya adalah sesi discussion yang juga dipandu oleh Ibu Wiwied Widyastuti. Pada sesi discussion ini, Ibu Wiwied memandu diskusi dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan peserta Accounting Group Discussion terkait tema dan pemaparan materi pada sesi sebelumnya. Setelah sesi discussion, Accounting Group Discussion kali ini ditutup dengan pemaparan mengenai Ikatan Akuntan Indonesia sebagai organisasi oleh Ibu Ari Susanti. Dalam sesi tersebut, Ibu Ari menjelaskan mengenai profesi akuntan secara umum, berbagai sertifikasi dalam profesi akuntan, keanggotaan Ikatan Akuntansi Indonesia, serta prospek pekerjaan di Ikatan Akuntan Indonesia.

Foto 3: Peserta dan panitia Accounting Group Discussion berfoto bersama dengan fasilitator yang hadir.

Accounting Group Discussion 2020 telah berjalan dengan lancar tanpa adanya kendala yang berarti. Kami, Accounting Study Division Studi Profesionalisme Akuntan FEB UI, selaku pelaksana acara ini, berterima kasih atas partisipasi dan kerjasama berbagai pihak untuk menyukseskan acara Accounting Group Discussion 2020. Sampai jumpa di Accounting Group Discussion berikutnya!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *