,

PRESS RELEASE: Accounting Group Discussion di PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk.

Pada hari Rabu, 16 Oktober 2019 telah dilaksanakan kegiatan rutin dari Divisi Kajian Akuntansi Studi Profesionalisme Akuntan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (SPA FEB UI), yaitu Accounting Group Discussion, di I-SHELTER PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pengurus Divisi Kajian Akuntansi beserta lima mahasiswa Akuntansi FEB UI yang terpilih melalui Accounting Group Discussion Quiz. Tema yang diangkat pada Group Discussion kali ini ialah “The Importance of Informing Sustainability Performance through Sustainability Report”. Tema ini diangkat atas dasar permasalahan lingkungan yang menjadi semakin serius pada belakangan ini. Dilansir dari Katadata (9 September 2019), Jakarta berada pada posisi ke-3 sebagai kota terpolusi di dunia yang menunjukkan bahwa tingkat kesadaran masyarakat terhadap kebersihan dan kesehatan lingkungan masih terbilang kurang. Sustainability Report atau Laporan Keberlanjutan merupakan salah satu bentuk pertanggungjawaban perusahaan kepada stakeholders atas kegiatan produksi yang tetap menjaga kelestarian lingkungan.

Foto Bersama antara Pihak PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk dengan peserta Accounting Group Discussion

Acara dibuka dengan perkenalan dari pihak PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. Pemateri Group Discussion kali ini adalah Bapak Gilang Pratama Nugraha Putra selaku Corporate Communication Officer dan Bapak Sahat Pangabean selaku CSRSD Manager PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. Diskusi diawali dengan penjelasan Bapak Gilang Pratama mengenai media publikasi yang dimiliki oleh PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. Sebagai perusahaan dengan model bisnis B2B (Business to Business), PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk, menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter sebagai salah satu media publikasi yang bertujuan untuk menangkal berita negatif dan memberi exposure kepada generasi baru. 

Pemberian Sertifikat kepada Bapak Gilang, Corporate Communication Officer PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk.

Sesi kedua merupakan penjelasan Bapak Sahat Pangabean mengenai program CSR yang dilaksanakan oleh PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. Bapak Sahat Pangabean menjelaskan bahwa PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. telah melaksanakan CSR sejak tahun 1999. CSR yang dilaksanakan oleh PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk telah mengikuti pengelompokan berdasarkan standar yang dibuat oleh Bappenas, yaitu pembangunan sosial, ekonomi, lingkungan, serta hukum dan tata kelola. CSR yang telah dilaksanakan kemudian akan dimuat dalam Sustainability Report yang dirilis oleh PT Indocement setiap tahunnya sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada stakeholder yang ada.

PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. memiliki tema spesifik atas setiap Sustainability Report yang dirilis. Penentuan tema dilakukan berdasarkan pada kesesuaian dengan tema Annual Report, wawancara yang dilakukan dengan President Director dan HR Director mengenai isu yang disorot, pencapaian pada tahun berjalan, prospek bisnis, serta urusan saat ini. Kehadiran Sustainability Report dikatakan telah memberi beberapa dampak positif bagi PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk seperti peningkatan efisiensi pekerjaan, pengurangan emisi, pemberdayaan sisa produksi, dan sebagainya. Walaupun demikian, menurut Bapak Sahat Pangabean, kehadiran Sustainability Report masih terbilang belum berpengaruh secara signifikan terhadap valuasi perusahaan. Hal tersebut disebabkan oleh masih rendahnya kesadaran masyarakat Indonesia akan lingkungan sekitar sehingga beberapa orang masih acuh tak acuh terhadap kelestarian lingkungan yang ada. Oleh karena itu, masyarakat Indonesia masih terbilang belum peduli dengan kehadiran Sustainability Report dalam menentukan pemilihan produk, pemilihan investasi saham, dan lainnya. CSR masih terbilang belum menjadi hal yang dipromosikan secara gencar. Terlepas dari hal tersebut, PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk tetap merasa bahwa CSR merupakan hal yang penting dilakukan untuk keberlanjutan lingkungan.

Pemberian Plakat kepada Pihak PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. yang diwakili oleh Bapak Sahat

Sesi ketiga merupakan sesi tanya jawab antara peserta diskusi dengan pembicara, yaitu Bapak Sahat Pangabean dan Bapak Gilang Pratama. Sesi tanya jawab berlangsung dengan interaktif. Berbagai pertanyaan menarik dilontarkan oleh peserta diskusi dan dijawab dengan sangat baik oleh pembicara. Dari sesi tanya jawab tersebut, peserta Group Discussion menjadi tahu bahwa Sustainability Report masih terkadang menimbulkan konflik antara divisi CSR dan divisi Finance yang ada di PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. Hal tersebut disebabkan karena CSR merupakan bagian dari biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan. Namun, PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk tetap berkomitmen untuk menjalankan CSR di Indonesia. Setelah 150 menit diskusi ini berlangsung, Accounting Group Discussion diakhiri dengan pemberian penghargaan kepada para pemateri dan PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. selaku fasilitator.

Kami ingin mengucapkan terimakasih kepada PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk atas dukungan yang telah diberikan pada Accounting Group Discussion, terutama kepada Bapak Gilang Pratama Nugraha Putra dan Bapak Sahat Pangabean, yang telah membawakan materi diskusi dengan sangat baik. Kami juga ingin berterima kasih kepada para peserta yang telah mengikuti rangkaian acara kami. Kami berharap para peserta mendapat wawasan baru mengenai pentingnya sustainability report serta pengaruhnya terhadap laporan keuangan. Sampai jumpa pada Accounting Group Discussion selanjutnya!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *