,

PRESS RELEASE: ACCOUNTING TALKS AND WORKSHOP 2020

Pada hari Rabu, 16 September 2020 telah dilaksanakan salah satu program kerja tahunan Divisi Accounting Study Studi Profesionalisme Akuntan FEB UI, yaitu Accounting Talks and Workshop. Acara tersebut terdiri dari dua sesi, yaitu sesi talks yang diisi oleh para pembicara serta sesi workshop yang diisi oleh praktisi yang masing-masing merupakan ahli di bidangnya. Acara ini tidak hanya diperuntukkan bagi mahasiswa FEB UI, melainkan juga mahasiswa universitas lain serta kalangan umum.

 

Accounting Talks and Workshop periode ini dilaksanakan secara daring melalui platform Zoom. Tema yang diangkat Accounting Talks and Workshop adalah Internet of Things and Its Relevance in Accounting Workflow. Tema tersebut bertujuan untuk membahas mengenai Internet of Things (IoT) secara umum dan bagaimana IoT sendiri diterapkan di Indonesia, khususnya dalam bidang Akuntansi. Melalui Accounting Talks and Workshop kali ini, diharapkan partisipan dapat mengetahui serta memahami bagaimana penerapan Internet of Things dari sudut pandang Kantor Akuntan Publik dan perusahaan yang mengimplementasikan IoT dalam alur kerjanya.

Foto 1: Acara Accounting Talks and Workshop 2020 yang dibuka oleh Ibu Ancella Hermawan selaku Kepala Departemen Akuntansi FEB UI

Acara diawali dengan sambutan dari Brian Senopati, selaku Project Officer dari Accounting Talks and Workshop 2020. Kemudian, acara dilanjutkan dengan sambutan dari Chief Executive SPA FEB UI, Akmal Haidar Nusantara, yang dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Departemen Akuntansi FEB UI, Ibu Ancella Hermawan.

Foto 2: Sesi talks pertama oleh Ibu Awidia dari Accenture Indonesia

Sesi talks and workshop dari Accounting Talks and Workshop 2020 berhasil menghadirkan 5 pembicara. Sesi talks sendiri diawali dengan materi oleh Ibu Awidia Eswandari Juwita selaku Digital Business Integration Consultant di Accenture Indonesia. Pada sesi talks pertama ini, Ibu Awidia menjelaskan Internet of Things (IoT) secara garis besar serta pengaplikasiannya di kehidupan sehari-hari. Ibu Awidia juga menerangkan bahwa IoT sendiri dapat diterapkan di berbagai objek, seperti kendaraan bermotor, jam tangan, rumah, dan peralatan perkebunan. Selain itu, IoT juga telah diterapkan di berbagai industri, seperti industri manufaktur, otomotif, perbankan, dan komunikasi. Kemudian, dalam bidang Akuntansi sendiri, salah satu penerapan Internet Of Things adalah untuk mengurangi biaya yang perlu dikeluarkan untuk melakukan proses audit.

Foto 3: Sesi talks kedua oleh Bapak Arseno dari Indonesia Stock Exchange

Pembicara selanjutnya pada sesi talks adalah Bapak Arseno Feri yang merupakan Compliance Auditor di Indonesia Stock Exchange. Bapak Arseno, secara garis besar, menerangkan mengenai perkembangan teknologi di pasar modal, dampak IoT terhadap pencatatan, tantangan sebagai compliance auditor, dan potensi penerapan IoT dalam proses compliance audit. Selain itu, Bapak Arseno juga menjelaskan manfaat-manfaat dari penggunaan IoT di lingkungan kerjanya. Salah satunya, yaitu peningkatan efisiensi dalam kolaborasi antar divisi, terutama pada masa-masa work from home ini.

Foto 4: Sesi talks ketiga oleh Ibu Metta dan Bapak Andri dari PwC Indonesia

Pembicara terakhir pada sesi talks adalah Bapak Andri Effendi dan Ibu Metta Satyani selaku Assurance Director di PwC Indonesia. Di sesi talks terakhir ini, Bapak Andri dan Ibu Metta menyajikan materi tentang Internet of Things dari sudut pandang CFO dan auditor. Dalam sesi talks tersebut, keduanya menjelaskan bahwa pengimplementasian IoT di sebuah perusahaan membantu auditor dalam melakukan rekapitulasi data sehingga memudahkan integrasi dan analisis data dalam proses pengauditan. PwC sendiri telah melakukan berbagai revolusi dalam bidang audit dengan melibatkan pengaplikasian IoT. Tidak hanya dalam bidang audit, PwC juga menggunakan IoT untuk memudahkan karyawannya dalam bekerja dengan membuat aplikasi yang dapat memesan ruang meeting, melakukan update mengenai connection dengan klien, serta melihat development goals, dan performance.

 

Setelah seluruh pembicara pada sesi talks selesai menyampaikan materi, diadakan sesi Question and Answer yang langsung ditanggapi oleh para pembicara yang telah hadir. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan tersebut berasal dari para partisipan yang telah dipersilakan untuk mengisi pertanyaan yang ingin mereka ajukan melalui link sli.do yang diberikan di kolom chat Zoom Meeting serta panduan peserta.

Foto 5: Sesi workshop oleh Bapak Boy dan Bapak Farianto dari PT XL Axiata Tbk.

Sesi berikutnya adalah sesi workshop yang dipandu oleh Bapak Boy Wicaksono dan Bapak Farianto beserta tim dari PT XL Axiata Tbk. Pada sesi workshop ini, Bapak Boy menjelaskan tentang pengaplikasian IoT dengan lebih detail dengan menyertakan contoh-contoh yang telah dilakukan oleh PT XL Axiata Tbk. Setelah itu, Pak Farianto menjelaskan salah satu program yang sedang dikembangkan oleh PT XL Axiata Tbk. yang bernama X-Shrimp. Program tersebut bertujuan untuk membantu para petani tambak udang di Tasikmalaya, Jawa Barat. X-Shrimp merupakan program berbasis IoT yang berawal dari permasalahan para petani tambak udang di sana. Pada sesi ini, Pak Farianto juga menunjukkan cara kerja X-Shrimp secara real time kepada para partisipan Accounting Talks and Workshop 2020.

Foto 6: Beberapa partisipan dan panitia Accounting Talks and Workshop berfoto bersama para pembicara yang hadir

Accounting Talks and Workshop 2020 telah berjalan dengan lancar tanpa adanya kendala yang berarti. Kami, Accounting Study Division Studi Profesionalisme Akuntan FEB UI, selaku pelaksana acara ini, berterima kasih atas partisipasi dan kerjasama berbagai pihak untuk menyukseskan acara Accounting Talks and Workshop 2020. Sampai jumpa di Accounting Talks and Workshop berikutnya!

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *