Pada hari Rabu dan Kamis, 23-24 September 2020 yang lalu telah dilaksanakan Audit Simulation 2020. Acara ini merupakan program kerja dari Auditing Study Division SPA FEB UI yang ditujukan untuk mahasiswa S1 Akuntansi Program Reguler/Paralel/Kelas Khusus Internasional angkatan 2017 dan 2018. Tahun ini, Audit Simulation untuk pertama kalinya dilaksanakan secara daring. Audit Simulation 2020 mengangkat tema “Experiencing Audit from Home” dengan kembali menyimulasikan audit forensik di samping audit umum. Tujuan diadakannya acara ini adalah menjadi wadah bagi para mahasiswa S1 Akuntansi untuk menyalurkan ketertarikannya di bidang audit eksternal dan audit forensik, dengan harapan peserta Audit Simulation mendapat gambaran pekerjaan seorang auditor.

Acara yang diikuti oleh 60 mahasiswa program studi Akuntansi FEB UI ini berlangsung selama 2 hari. Rangkaian acara diawali dengan EY Goes to UI yang dilaksanakan pada Rabu, 23 September 2020 pukul 14.00 – 17.30 WIB menggunakan platform Microsoft Teams dari pihak Ernst & Young Indonesia. Pada hari pertama ini, pihak Ernst & Young Indonesia memberikan company presentation tentang perusahaannya. Acara ini dibuka untuk seluruh mahasiswa Universitas Indonesia dari semua jurusan yang dihadiri oleh 244 peserta. Setelah company presentation, acara ini dilanjutkan dengan mini seminar yang ditujukan kepada peserta Audit Simulation 2020. Sesi ini berisi tentang gambaran praktik audit, mulai dari audit secara umum hingga audit forensik secara khusus sehingga peserta memiliki bekal untuk melakukan praktik audit pada acara inti esok hari. 

Acara inti Audit Simulation dilaksanakan pada Kamis, 24 September 2020 yang berlangsung pada pukul 10.35 – 16.50 WIB menggunakan platform Zoom. Acara dimulai sekitar pukul 10.35 WIB dengan rangkaian acara pembukaan berupa sambutan dari Project Manager Audit Simulation 2020, Jo Regine Richardo dan pihak Ernst & Young Indonesia, Ibu Dian D. Atmaja. Sambutan terakhir diberikan oleh Kepala Departemen Akuntansi FEB UI, yakni Ibu Ancella Hermawan. 

Acara inti dari Audit Simulation adalah pengerjaan kasus audit di lima pos yang disediakan panitia. Kelima pos tersebut adalah pos Account Receivable, pos Account Payable & Accrual, pos Audit Forensic, pos Prepayment, dan pos Payroll. Di setiap pos tersebut, terdapat empat tim yang diberikan waktu 40 menit untuk menyelesaikan case yang diberikan. Peserta berperan sebagai Associate yang bertugas mengumpulkan data dan mencari temuan dalam setiap posnya untuk menyelesaikan working paper. Peserta sebagai Associate juga didampingi oleh fasilitator dari Ernst & Young Indonesia yang berperan sebagai Senior Associate atau Client. Senior Associate bertugas untuk memberikan arahan kepada para Associate (peserta), sedangkan Client akan memberikan data-data yang dibutuhkan oleh para peserta. Setelah mengerjakan case, pihak Ernst & Young memberikan feedback dan case solution.

Setelah seluruh pengerjaan case selesai, rangkaian acara terakhir adalah pemberian feedback dan kesimpulan dari pelaksanaan Audit Simulation secara keseluruhan. Foto bersama antara peserta, panitia, dan fasilitator dari Ernst & Young Indonesia menjadi penutup acara Audit Simulation 2020: Experiencing Audit from Home. Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah mengikuti acara Audit Simulation dan pihak Ernst & Young Indonesia yang telah memfasilitasi acara ini. Sampai bertemu di Audit Simulation tahun depan!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *