,

PRESS RELEASE: The 20th Indonesia Accounting Fair

Indonesia Accounting Fair adalah acara akuntansi tertua, terbesar, dan satu-satunya yang berskala internasional di Indonesia yang diselenggarakan oleh mahasiswa akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia. Tahun ini, Indonesia Accounting Fair genap melaksanakan acaranya selama 20 tahun. Dengan melihat pentingnya atas kesadaran dari implementasi IFRS 9/PSAK 71 tentang Instrumen Keuangan dan juga perkembangan teknologi di zaman Industry 4.0 ini, Indonesia Accounting Fair 20 mengusung tema, “The New Face of Financial Industry: Emerging Challenges in The Rising Era of Digitalization”. Indonesia Accounting Fair selalu dilaksanakan setiap tahun sebagai tempat bagi mahasiswa akuntansi seluruh dunia untuk menguji kemampuan. Tidak hanya sebagai arena kompetisi, IAF juga selalu berusaha memberikan wawasan kepada para peserta terkait standar akuntansi terbaru yang akan diterapkan serta kondisi dunia yang sedang terjadi.

Indonesia Accounting Fair 20 terdiri dari 8 rangkaian acara, yaitu Opening Ceremony, Accounting Competition, Paper Competition dengan tambahan untuk tahun ini berupa Paper Conference, Seminar, Training, Company Visit, dan Closing Ceremony. Mengikuti tahun-tahun sebelumnya, IAF 20 kembali mengadakan acara yang berhubungan dengan dunia internasional dalam seminar dan kompetisinya.

Indonesia Accounting Fair 20 diadakan pada 7 hingga 12 April 2019. Dalam rangkaian acaranya, IAF 20 bekerja sama dengan beberapa pihak, seperti ACCA sebagai rekan utama, PwC sebagai rekan untuk Open Discussion, EY sebagai rekan Training, MUFG Bank dan Deloitte sebagai sponsor utama, dan pihak sponsor lainnya. Seperti biasanya, IAF 20 tidak hanya berfokus kepada kompetisinya saja, tetapi juga selalu berusaha untuk memberikan nilai tambah kepada peserta melalui seminar dan training.

Acara Opening Ceremony dari Indonesia Accounting Fair 20

Acara opening ceremony difokuskan kepada technical meetings untuk para peserta kompetisi akuntansi. Akan tetapi, pada tahun ini, salah satu tahapan dari accounting competition, yaitu individual test juga dilakukan pada hari yang sama dengan technical meetings. Acara ini juga diisi dengan penampilan dari band mahasiswa Universitas Indonesia serta makan bersama.

Amazing Race dari Indonesia Accounting Fair 20 yang diadakan di Taman Mini Indonesia Indah

Sebagai acara utama dari Indonesia Accounting Fair 20, accounting competition diadakan di beberapa tempat, seperti kampus tercinta, Universitas Indonesia, Taman Mini Indonesia Indah, PwC Indonesia untuk Open Discussion, serta Perpustakaan Universitas Indonesia untuk babak final dari kompetisi.

Acara paper competition kami diadakan untuk mencari mahasiswa akuntansi yang dapat berpikir kritis dan juga inovatif terkait perkembangan teknologi di zaman Industry 4.0 ini. Acara ini dibagi menjadi tiga sesi, yaitu tahap Preliminary Round, Paper Presentation, dan juga Paper Conference. Kami mengucapkan selamat kepada tim Arthayuda dari Universitas Indonesia telah memenangkan Paper Competition IAF 20!

Seminar internasional dari Indonesia Accounting Fair 20 yang membahas mengenai implementasi dari IFRS 9/PSAK 71

Sebagai acara akuntansi tertua dan terbesar yang diadakan oleh mahasiswa di Indonesia, Indonesia Accounting Fair 20 menghadirkan praktisi dan akademisi handal dalam membahas isu terkini dari perkembangan dunia akuntansi. Seminar ini diadakan di Auditorium Soeria Atmadja Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia. Kami mengundang pembicara-pembicara yang sangat handal dalam bidang ini untuk menceritakan pengalaman dan wawasan dalam menghadapi implementasi dari standar akuntansi terbaru IFRS 9 dari banyak sisi, baik dari IFRS Foundation, Kantor Akuntan Publik, perusahaan, maupun Ikatan Akuntan Indonesia.

Training yang dilaksanakan di EY Indonesia

Tahun ini, training difokuskan untuk memberikan pengetahuan dan pokok praktik dari implementasi IFRS 9/PSAK 71: Instrumen Keuangan. Acara ini dilaksakanan di EY Indonesia dan dipimpin oleh akuntan-akuntan professional yang sangat handal dalam bidang ini.

Pengalaman menarik dari Company Visit di Jakarta

Tahun ini, kami mengajak para peserta yang tidak lolos ke tahap 5 besar untuk mengikuti rangkaian acara company visit di Jakarta, yaitu ke Kantor Shopee Jakarta dan GO-JEK Indonesia. Acara ini juga memberikan kesempatan kepada para peserta untuk saling berkenalan dan menciptakan memori bersama.

Malam penuh kenangan di Balai Kota DKI Jakarta

Closing ceremony yang juga terdapat malam penganugerahan menjadi penutup dari Indonesia Accounting Fair 20. Kami menyajikan makan malam dan penampilan untuk menghibur para peserta kompetisi. Acara closing ceremony ini diadakan di Balai Kota DKI Jakarta. Pendamping para peserta (liaison officer) IAF 20 juga memberikan penampilan berupa nyanyian untuk menunjukkan rasa senang IAF 20 kepada seluruh peserta. Terakhir, malam itu juga, kami mengumumkan pada pemenang dan mengucapkan selamat tinggal kepada para peserta.

 

Para Pemenang Kompetisi dari IAF 20

Kami juga ingin mengucapkan selamat kepada para pemenang baik Accounting Competition maupun Paper Competition. Ucapan selamat kami berikan kepada:

Pemenang dari Accounting Competition:

Juara 1: Tim Renaitre (Trisakti School of Management)
Juara 2: Tim T-AM (Universitas Padjadjaran)
Juara 3: Tim CDC (Universitas Katholik Widya Mandala Surabaya)
Open Discussion Terbaik: Tim Renaitre (Trisakti School of Management)
Short Essay Terbaik: Tim Bajaj (Universitas Indonesia)

 

Pemenang dari Paper Competition:

Juara 1: Tim Arthayuda (Universitas Indonesia)
Juara 2: Tim Fataya (Universitas Islam Indonesia)
Juara 3: Tim Alligator (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)
Best Speaker: Arief Ar-Ridho (Universitas Indonesia)

Indonesia Accounting Fair 20 tentu merupakan perjalanan yang sangat seru! Kami juga tentunya akan terus memberikan yang terbaik dari kami untuk Indonesia Accounting Fair 21, jadi, persiapkan dirimu dan sampai jumpa!

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *