,

S.E. telah Sidang Harus Apa Ya?

Bagi mahasiswa tingkat akhir, dalam rangka menyelesaikan perkuliahannya, tentu sidang merupakan salah satu syarat kelulusan. Akan tetapi, setelah sidang dilaksanakan, masih terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan sebelum yudisium dan wisuda. Berikut hal-hal yang perlu dilengkapi dan diselesaikan pascasidang.

 

Revisi dan Tanda Tangan

Hal pertama yang harus diperhatikan tentunya revisi. Setelah tugas akhir selesai direvisi, mintalah persetujuan kepada dosen pembimbing dan apabila sudah disetujui, jangan lupa meminta tanda tangan beliau untuk:

  1. Tanda persetujuan tugas akhir
  2. Halaman pengesahan
  3. Cover softcopy tugas akhir
  4. Formulir persetujuan tugas akhir (bagi yang tugas akhirnya berupa skripsi)

Setelah hal-hal tersebut sudah dilengkapi, jangan lupa untuk meminta tanda tangan penguji (berurutan dari ketua penguji hingga anggota penguji). Tanda tangan tersebut hanyalah untuk halaman pengesahan. TIPS: Bawalah hasil revisinya untuk berjaga-jaga apabila ditanya mengenai hasil revisi tersebut.

 

Compile, Burn, Bind

Setelah tandatangan sudah dilengkapi (termasuk tandatangan penulis sendiri dalam pernyataan orisinalitas dan persetujuan publikasi), mahasiswa diharapkan untuk melakukan scan dan compile sesuai urutan halamannya, lalu simpan file dalam format pdf dan dinamakan ulang menjadi:

(Nama lengkap)-(Jenis tugas akhir)-(Fakultas)-Full text-(Tahun lulus)

Kemudian, file tersebut di-burn ke dalam CD dan setelah dipastikan file sudah termuat dan bisa dibuka, tempelkan stikernya.

Setelah itu, naskah hardcopy bisa langsung dijilid, tetapi pastikan semua tandatangannya berupa tandatangan basah. TIPS: Kalian bisa menjilidnya di Cano karena mereka sudah mengerti dan ahli dalam hal ini sehingga tidak perlu lagi khawatir.

 

Ikutilah Prosedur UI-ANA

Buka link lib.ui.ac.id/unggah lalu ikutilah prosedur untuk melakukan pengunggahan tugas akhir. Pada salah satu prosesnya, akan diminta untuk mengunggah naskah lengkap (seperti yang di-burn ke dalam CD) dan naskah ringkas beserta formulir persetujuan yang sudah ditandatangani (bagi yang tugas akhirnya berupa skripsi). Selain itu, juga akan diminta untuk mengunggah abstrak, daftar isi, daftar referensi, dan lainnya sesuai yang diminta prosedur.

Setelah dikumpulkan, bisa dilihat pada tab ‘status unggahan’. Apabila status sudah ‘diterima’, bukti unggahnya (“B1”) yang dalam format pdf sudah bisa diunduh dan dicetak.

 

Perpustakaan Pusat UI

Setelah masuk ke dalam perpusat, pergilah ke loket yang terletak di depan pintu masuk (yang memiliki tali antrian biru) untuk meminta bukti bebas pinjaman UI (“B2”). Pastikan status unggah sudah diterima dan juga bawalah KTM.

 

Perpustakaan FEB UI (PSB)

Pergilah ke loket tempat denda, lalu serahkan hardcopy dan CD file Anda, kemudian akan diberikan bukti penyerahan hardcopy tugas akhir (“B3”). Setelah itu, pergilah ke loket tempat pembuatan kartu perpustakaan untuk mengembalikan semua kartu perpustakaan (2 buah untuk meminjam dan 1 buah untuk ruang skripsi) agar diberi bukti bebas pinjaman FEB UI (“B4”).

 

Biro Pendidikan FEB UI (Birpend)

Kumpulkan B1, B2, B3, B4, dan 2 lembar foto 3×4 hitam putih ke loket birpend.

Setelah semua langkah tersebut dilakukan, S.E. lamat! Anda tinggal menunggu pengumuman yudisium dan wisuda.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *