Press Release:

Tax Workshop 2023

Pada hari Selasa, 23 Mei 2023, salah satu program kerja Tax Study Division Studi Profesionalisme Akuntan FEB UI, yaitu Tax Workshop, telah berhasil dilaksanakan. Tahun ini, Tax Workshop mengangkat tema utama “Managing Your Business: Online Shop Taxation Guidance”. Topik tersebut terkait dengan dasar peraturan pengenaan pajak online shop, pengenalan jenis-jenis pajak yang dikenakan terhadap online shop, mekanisme perhitungan, tata cara pelaporan SPT, dan studi kasus terkait perhitungan pajak online shop. Tema ini sangat diharapkan dapat memberikan wawasan tambahan bagi mahasiswa FEB UI maupun masyarakat umum terkait jenis–jenis pajak yang dikenakan kepada online shop dan tata cara pengisian SPT Pribadi.

Kegiatan Tax Workshop diawali dengan pembukaan dan pembacaan peraturan oleh Masters of Ceremony (MC). Selanjutnya, acara disambung dengan sambutan dari Ibu Desi Adhariani selaku Ketua Program Studi Pascasarjana Ilmu Akuntansi, I Kadek Viandra Diarsa selaku Chief Executive SPA FEB UI 2023, dan Patricia Carin Yovita selaku Project Leader Tax Workshop 2023. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi dan pelatihan studi kasus oleh Ibu Christine Tjen yang merupakan Koordinator Tax Education and Research Center (TERC) FEB UI.

Sebagai pengantar, Ibu Christine memberikan penjelasan mengenai Pajak Penghasilan (PPh) dan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebagai sebuah aspek perpajakan. Pengantar ini kemudian dilanjutkan dengan penjelasan yang lebih mendalam mengenai PPh dan PPN. Setiap aspek PPh telah dijelaskan, dimulai dari subjek PPh online shop yang bisa merupakan Orang Pribadi maupun Badan, dilanjutkan dengan objek PPh itu sendiri, serta jenis PPh yang terdiri dari PPh Orang pribadi, PPh Badan, PPh Pasal 21, PPh Pasal 22 impor, PPh Pasal 23, PPh Pasal 25 – Angsuran PPh. Ibu Christine menyertakan tarif masing-masing PPh beserta contoh penghitungannya di dalam penjelasannya. Pemaparan SPT yang digunakan untuk pelaporan PPh OP beberapa tahun terakhir menutup penjelasan PPh.

Foto 1: Sesi pemaparan materi oleh Ibu Christine Tjen

Setelah menyelesaikan bagian materi mengenai PPh, Ibu Christine berganti fokus pada materi terkait PPN yang tentunya juga penting dalam online shop. Selain membahas beberapa aspek PPN, materi yang dibawakan juga membahas mengenai pengusaha yang belum dan sudah dikukuhkan sebagai PKP. Identik dengan PPN, faktur pajak tidak absen dari pokok materi yang dibahas. Selain itu, sama seperti bagian sebelumnya, Ibu Christine memberikan penjelasan mengenai langkah dalam menghitung besaran PPN.

Foto 2: Sesi training dengan studi kasus oleh Ibu Christine Tjen

Pada sesi terakhir, Ibu Christine Tjen memberikan studi kasus yang dibahas bersama dengan para peserta Tax Workshop. Studi kasus yang disajikan membahas mengenai perhitungan atas beberapa jenis pajak yang harus dibayarkan oleh seorang pengusaha online shop. Pada sesi ini, Ibu Christine menjelaskan langkah demi langkah perhitungan yang perlu dilakukan atas perpajakan terkait bisnis online shop tersebut. Selain membahas mengenai perhitungan pajak, pada sesi ini para peserta memiliki kesempatan untuk mendengarkan penjelasan mengenai langkah pengisian SPT 1770 yang tentunya sangat relevan dengan perpajakan untuk pengusaha online shop, khususnya mereka yang merupakan pengusaha orang pribadi. Dengan adanya sesi ini, peserta diharapkan bukan sekadar mendapatkan teori, melainkan juga dapat memahami aplikasi perhitungan pajak serta tata cara pengisian SPT 1770.

Foto 3: Sesi foto bersama pembicara, panitia, dan peserta

Secara keseluruhan, acara Tax Workshop 2023 berjalan dengan lancar dan interaktif. Selama sesi berlangsung, peserta aktif bertanya dan pembicara dapat menanggapi dengan baik. Acara diakhiri dengan pemberian sertifikat kepada pembicara, sesi foto bersama, dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung acara. Tax Study Division SPA FEB UI mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan kerja sama dari semua pihak yang terlibat. Terima kasih telah mewujudkan keberlangsungan dari acara Tax Workshop 2023. Sampai jumpa di acara Tax Workshop 2024!

Other Related Post

Scroll to Top