,

PRESS RELEASE: Accounting Talks and Workshop 2019

Pada hari Selasa, 7 Mei 2019 telah dilaksanakan salah satu program kerja terbesar milik Divisi Accounting Study Studi Profesionalisme Akuntan FEB UI yang diselenggarakan satu kali dalam setahun, yaitu Accounting Talks and Workshop. Acara ini terdiri dari dua sesi, yaitu sesi Talks oleh para pembicara dan sesi Workshop yang dibimbing oleh praktisi. Acara ini ditujukan bagi kalangan umum, mulai dari mahasiswa FEB UI, mahasiswa universitas lain, hingga kalangan profesi.

Tahun ini, Accounting Talks and Workshop mengangkat tema “The Integration of Cloud Computing and Big Data in Optimizing The Accounting Profession”, yang bertujuan untuk membahas bagaimana peranan teknologi cloud computing dalam mengolah big data, serta memahami  bagaimana implementasinya secara langsung di Indonesia, khususnya di perusahaan-perusahaan yang kini sedang memimpin industrinya. Melalui Accounting Talks and Workshop, diharapkan mahasiswa akuntansi semakin menyadari bagaimana peranan teknologi-teknologi tersebut mempengaruhi dunia akuntansi dan semakin siap dalam menghadapi teknologi yang mempengaruhi profesi akuntan.

Kata sambutan oleh Vinka Andifa Zhafira, Project Officer dari Accounting Talks and Workshop 2019

Acara diawali dengan sambutan dari Vinka Andifa Zhafira selaku Project Officer dari Accounting Talks and Workshop 2019, yang kemudian dilanjutkan oleh sambutan dari Gavin Pradipta selaku Chief Executive SPA FEB UI 2019. Ibu Ancella Hermawan selaku Kepala Departemen Akuntansi FEB UI juga turut hadir dalam acara ini untuk memberikan sambutannya kepada para pembicara yang telah hadir serta menyampaikan pesannya kepada para mahasiswa yang telah hadir.

Acara Accounting Talks and Workshop 2019 dibuka oleh Ibu Ancella Hermawan, Kepala Departemen Akuntansi FEB UI

Pada tahun ini, Accounting Talks and Workshop telah menghadirkan 4 pembicara yang merupakan para ahli dalam bidangnya. Sesi Talks dimulai oleh pembicara pertama yaitu, Bapak Ryan Sosiawan selaku Management Consulting Manager Accenture Indonesia. Dalam Talks yang dibawakan oleh Bapak Ryan, beliau memaparkan bahwa di zaman ini, data bagaikan “mata uang” baru, dan hal ini mengubah perilaku kita dalam berbisnis. Sedikit fakta menarik dari Pak Ryan bahwa 90% data yang ada saat ini tidak ada tiga tahun yang lalu, dan 85% keputusan yang tepat saat ini bisa diambil karena berdasar pada data yang akurat. Hal ini mencerminkan betapa besarnya volume data yang ada saat ini dan seberapa pentingnya data dalam kesuksesan berbisnis. Dalam analisisnya, berbagai sumber data akan dimanfaatkan untuk dapat mencapai hasil yang luar biasa. Tren digital saat ini, seperti automasi dan teknik analitik membuat pekerjaan-pekerjaan yang repetitif akan ditangani oleh teknologi. Oleh karena itu, perlu kita sadari bahwa peran profesi bidang keuangan dan Akuntansi tidak lagi berfokus pada pembuatan laporan keuangan yang kini dapat diautomasi, melainkan akan bergeser pada hal-hal yang menyangkut perencanaan, analisis, dan juga advisory.

Sesi Talks pertama oleh Bapak Ryan Sosiawan, Management Consulting Manager Accenture Indonesia

Sesi Talks kemudian dilanjutkan oleh Bapak Syarif Hidayatullah, selaku Senior Data Engineer GO-JEK Indonesia. Beliau memaparkan pengalamannya dalam mengolah Big Data dengan menggunakan teknologi cloud computing di perusahaan GO-JEK Indonesia. Beliau  menekankan bahwa teknologi ini memberikan stream processing data yang menghasilkan real time data yang membuat data lebih mudah untuk diproses.

Sesi Talks kedua oleh Bapak Syarif Hidayatullah, Senior Data Engineer GO-JEK Indonesia

Sesi Talks diakhiri oleh Bapak Isnaeni Achdiat selaku Managing Partner EY Advisory. Beliau membahas mengenai penerapan cloud computing yang sudah mulai diterapkan di Indonesia. Salah satu contoh perusahaan yang sudah menerapkan cloud computing yaitu perusahaan manufaktur sehingga perusahaan menjadi lebih efektif dan efisien dalam kegiatan produksinya.

Sesi Talks terakhir oleh Bapak Isnaeni Achdiat, Managing Partner EY Indonesia

Sesi selanjutnya yaitu sesi workshop, kegiatan ini dipandu oleh pihak Omegasoft. Mereka memberikan pengajaran mengenai penggunaan software akuntansi kepada para peserta seminar. Salah satu pengajarannya yaitu mengenai peng-input-an hasil penjualan dan pembelian barang dalam skala besar. Tentu saja, software ini dapat mempermudah pekerjaan para akuntan dalam melakukan pekerjaan mereka. Software ini juga menggambarkan bagaimana cloud computing dalam mengelola big data secara sederhana sehingga para calon akuntan dapat mengalami pengalaman penggunaan software pengolah big data berbasis cloud computing.

Sesi Workshop oleh pihak Omegasoft yang diikuti dengan pengaplikasian langsung software dari Omegasoft

Dalam acara Accounting Talks and Workshop dapat disimpulkan bahwa integrasi antara cloud computing dan big data mempunyai manfaat yang sangat signifikan dalam pekerjaan para akuntan. Mereka dapat bekerja secara efektif dan efisien dengan adanya sistem ini. Akan tetapi, keberadaan sistem ini tentu saja menuntut para akuntan untuk mempunyai keahlian yang lebih, salah satunya yaitu keahlian analisis yang tinggi untuk membaca data-data informasi yang tersedia sehingga dari keahlian analisis tersebut, para akuntan dapat membuat kebijakan atau solusi yang tepat terhadap permasalahan yang ada.

Accounting Talks and Workshop 2019 yang berlangsung dengan meriah

Accounting Talks and Workshop 2019 sudah dilangsungkan dengan penuh wawasan dan meriah. Kami, divisi Accounting Study akan terus meningkatkan usaha kami agar dapat menghadirkan Accounting Talks and Workshop yang lebih baik. Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah melancarkan acara ini dan sampai jumpa di Accounting Talks and Workshop 2020!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *