Pada hari Kamis, 29 September 2022 yang lalu telah dilaksanakan Audit Simulation 2022. Acara ini merupakan program kerja dari Auditing Study Division SPA FEB UI yang ditujukan untuk mahasiswa S1 Akuntansi Program Reguler/Paralel/Kelas Khusus Internasional angkatan 2019 dan 2020. Tahun ini, Audit Simulation mengangkat tema “Bringing Real-Life Audit to Campus” dengan menyimulasikan audit secara umum. Tujuan diadakannya acara ini adalah menjadi wadah bagi para mahasiswa S1 Akuntansi FEB UI untuk menyalurkan ketertarikannya terhadap bidang audit eksternal, dengan harapan peserta mendapat gambaran pekerjaan seorang auditor.

Acara yang diikuti oleh 32 mahasiswa program studi Akuntansi FEB UI ini berlangsung pada pukul 11.00 – 17.30 WIB secara tatap muka. Acara dimulai sekitar pukul 11.00 WIB dengan rangkaian pembukaan berupa sambutan dari Kepala Program Studi Pascasarjana Ilmu Akuntansi FEB UI, Ibu Desi Adhariani, yang dilanjutkan oleh Managing Partner Studies SPA FEB UI, Ryandra Ananda, dan Project Officer Audit Simulation 2022, Jovan Lemuel Rianta. Sambutan terakhir diberikan oleh Deloitte Indonesia, Ibu Anna Karina. Setelah sambutan dari pihak Akuntansi FEB UI dan Deloitte Indonesia, acara Audit Simulation diawali dengan Mini Seminar untuk memberikan pembekalan bagi peserta mengenai gambaran tentang praktik audit secara umum.

Acara inti dari Audit Simulation adalah pengerjaan kasus audit di tiga pos yang disediakan panitia. Ketiga pos tersebut adalah pos Accounts Receivable, pos Accounts Payable, dan pos Operating Expense. Di setiap pos tersebut, terdapat tiga tim yang diberikan waktu 40 menit untuk menyelesaikan case. Peserta berperan sebagai Associate yang bertugas mengumpulkan data dan mencari temuan untuk menyelesaikan working paper. Peserta sebagai Associate juga didampingi oleh fasilitator dari Deloitte Indonesia yang berperan sebagai Senior Associate. Senior Associate bertugas untuk memberikan arahan kepada para Associate (peserta) dan memberikan data-data yang dibutuhkan. Setelah pengerjaan case, fasilitator memberikan feedback dan case solution.

Setelah seluruh pengerjaan case selesai, diadakan sharing session di mana fasilitator membagikan pengalaman mereka sebagai auditor dan membandingkannya dengan apa yang telah dilalui peserta selama berlangsungnya acara. Rangkaian acara terakhir adalah pemberian feedback dan kesimpulan dari pelaksanaan Audit Simulation secara keseluruhan. Foto bersama antara peserta, panitia, dan fasilitator dari Deloitte Indonesia menjadi penutup acara Audit Simulation 2022: Bringing Real-Life Audit to Campus. Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah mengikuti Audit Simulation dan pihak Deloitte Indonesia yang telah memfasilitasi acara ini. Sampai bertemu di Audit Simulation tahun depan!

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.