Pada hari Rabu, 5 Mei 2021 telah berhasil dilaksanakan salah satu program kerja tahunan dari Tax Study Division Studi Profesionalisme Akuntan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (SPA FEB UI), yaitu Tax Workshop. Pada periode ini, Tax Workshop dilaksanakan secara daring melalui platform Zoom dan mengangkat tema “Skill Upgrading: Steps and Procedures for Filling E-SPT”. Tema tersebut membahas mengenai prosedur serta tata cara pengisian sistem pelaporan pajak tahunan secara elektronik (E-SPT), terutama E-SPT Badan. Sangat diharapkan tema ini dapat membuat para peserta mengetahui dan mengerti terkait dengan tata cara pengisian E-SPT badan. Pada pelaksanaannya, acara ini dihadiri oleh 31 mahasiswa jurusan Akuntansi FEB UI dari berbagai angkatan mulai tahun 2017 hingga 2020.

Rangkaian acara diawali dengan kata sambutan dari Ibu Ancella Hermawan selaku Kepala Departemen Akuntansi FEB UI, Mohammad Ilham selaku Chief Executive Studi Profesionalisme Akuntan SPA FEB UI 2021, dan Kenzo Jovin Princen Lee selaku Project Leader Tax Workshop 2021. Kemudian, rangkaian acara dilanjutkan dengan sesi satu yaitu pemaparan materi. Pada sesi ini, Bapak Toni Siswanto selaku trainer di Pusat Pengembangan Akuntansi (PPA) FEB UI dan pembicara di Tax Workshop 2021 memaparkan materi mengenai hal-hal umum terkait E-SPT. Beberapa hal umum yang dimaksud yaitu pengertian, manfaat, komponen, dan sistem kerja dari E-SPT. 

Bapak Toni menjelaskan bahwa E-SPT secara umum memiliki fungsi yang sama dengan SPT biasa namun menggunakan metode daring untuk pengisiannya. Dengan demikian, E-SPT memberikan beberapa manfaat, seperti dokumentasi yang lebih baik, waktu yang lebih efisien, dan lebih ramah lingkungan. Secara sistem kerja, terdapat dua metode dalam menggunakan E-SPT yaitu langsung dan tidak langsung. Metode langsung berarti data dari pengisian E-SPT akan secara real time masuk ke dalam database Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Sedangkan, metode tidak langsung berarti proses pengisian E-SPT diselesaikan terlebih dahulu dan selanjutnya diunggah ke database Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Selain itu, pada sesi ini Bapak Toni juga membahas mengenai tata cara memperoleh formulir E-SPT. Langkah yang perlu dilakukan yaitu melakukan instalasi aplikasi E-SPT dan kemudian menyambungkannya ke database. Selanjutnya, Wajib Pajak (WP) akan memperoleh formulir E-SPT induk beserta lampirannya.

Setelah pemaparan materi di sesi 1, rangkaian acara dilanjutkan dengan sesi dua yaitu training yang juga dipandu oleh Bapak Toni Siswanto. Pada sesi ini, pembicara menjelaskan serta memberi contoh dari setiap langkah dan prosedur dalam melakukan instalasi aplikasi E-SPT. Selanjutnya, pembicara juga memberikan arahan mengenai tata cara pengisian formulir E-SPT melalui aplikasi yang sudah di-install. Proses pengisian ini dimulai dari tahap login hingga selesai. 

Secara umum, Tax Workshop berlangsung secara lancar dan interaktif. Terdapat interaksi dua arah antara pembicara dengan peserta selama sesi pemaparan materi dan training berlangsung. Setelah seluruh rangkaian acara selesai, Tax Workshop ditutup dengan ucapan terima kasih, sesi foto bersama, dan pemberian sertifikat kepada pembicara sebagai bentuk penghargaan dari SPA FEB UI. Kami, Tax Study Division SPA FEB UI, berterima kasih atas partisipasi dan kerja sama dari berbagai pihak dalam mensukseskan acara ini. Sampai jumpa di Tax Workshop 2022!

Foto 1: Sesi Training oleh Bapak Toni Siswanto

Foto 2: Peserta dan Panitia Tax Workshop berfoto bersama dengan pembicara yang hadir.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *